Cara Belajar yang Optimum dengan Skoline

Bagaimana belajar dengan aplikasi Skoline bisa membuat anak lebih semangat dan mudah memahami materi?

Pertama, unduh aplikasinya di Google Playstore, dan lakukan registrasi, gratis!
http://bit.ly/SkoApp2

Setelah memilih mata pelajaran yang ingin dipelajari, ada beberapa panduan yang dilakukan agar mendapatkan pemahaman materi pelajaran yang optimal.

  1. Tahap awal, tonton dan simak video pelajaran dari depan hingga selesai.
  2. Buat pencatatan tentang, 
    1. masalah apa yang sedang dihadapi di bagian awal video. Mengetahui permasalah sangat penting untuk dapat memahami subjek materi pelajaran dalam memecahkan masalah tersebut, sehingga anak-anak akan mengetahui manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajarinya.
    2. siapa yang mempunyai masalah 
    3. dimana cerita dalam video pelajaran itu diceritakan.

*Catatan yang dibuat cukup singkat saja, misalnya pada pelajaran IPA kelas 5 – Sistem Peredaran Darah Manusia

  1. Masalah: tidak bisa berkonsentrasi
  2. Yang punya masalah: Chika
  3. Di rumah Fajar

3.  Tahap memahami materi dapat dilakukan dengan jalan mengulang video pelajaran dari awal dan membuat jeda (pause) di tiap-tiap bagian untuk;

  1. Guru / orang tua / pembimbing melontarkan pertanyaan tentang pelajaran (definisi, pengertian, nama atau apapun yang sedang diterangkan pada bagian video yang dilihat) pada bagian yang ditonton sebelum jeda. 
  2. Murid / anak bila belajar sendiri dapat menyerap materi dengan menyebutkan nama-nama, definisi, pengertian atau apapun yang baru saja ditonton untuk dipelajari. Bila anak belajar sendiri, maka dapat membuat catatan sendiri tentang apa yang baru ditonton. Meringkas penjelasan dengan diagram ataupun catatan kecil adalah sebuah pengembangan keterampilan tersendiri.

Setelah dirasa murid telah paham materi yang dipelajari pada bagian yang sedang dibahas maka video sudah dapat diputar kembali sampai dengan jeda berikutnya dan hingga selesai.

4. (Opsional) Mempraktekan apa yang telah dipelajari. Hal paling sederhana adalah dengan mengajarkan kembali apa yang telah dipelajari pada orang sekitar. Memahami konsep dan penerapan materi dalam kehidupan sehari-hari jauh lebih penting dibandingkan dengan menghafal rumus dan menjawab soal.

Sehingga dengan waktu maksimal 30 menit, diharapkan anak dapat betul-betul memahami dan mempraktekkan ilmunya dengan baik.

5. Dalam pelajaran tertentu (misalnya matematika), mainkan game nya!  Main bersama teman lebih seru, dengan saling berkompetisi mendapatkan bintang, ataupun siapa yang paling cepat dapat menyelesaikan game.


Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.