Ada Kabar Baik? Semua Anak Ternyata Ingin Mandiri!

Bagaimana kebiasaan pagi di rumah anda?
Kebanyakan orang tua mengeluh sulitnya membangunkan anak untuk sekolah, segera bersiap-siap, dan masih harus didorong untuk sarapan pagi. Tentunya menimbulkan stress bagi orang tua dan anak dan mengurangi semangat memulai hari. Seandainya anak bisa jadi mandiri tanpa harus disuruh-suruh.
Tetapi ternyata ada rahasia untuk memotivasi anak menjadi mandiri.

__________________________________________________________________________________________________

Setiap anak pada dasarnya ingin mandiri dan menjadi versi terbaik dirinya

Setiap orang, termasuk anak-anak, secara alami ingin terus berkembang, meningkatkan kompetensi mereka, yang pada akhirnya menjadi anak yang kita sebut sebagai mandiri.

Keinginan ini tidak datang dengan sendirinya, tetapi berkat dukungan positif dari orang di sekitar mereka.

__________________________________________________________________________________________________

Untuk menjadi mandiri, anak membutuhkan kehangatan dalam membimbing, kompetensi, dan otonomi
Ketiga hal ini merupakan kebutuhan dasar semua manusia untuk dapat berkembang dengan baik.

  • Membimbing dan memerintah adalah dua hal yang berbeda. Orang tua dapat membimbing dengan mencontohkan dan mengajak anak mengikuti contoh tersebut.  Saat anak telah dapat melakukan hal baru sendiri, maka akan menimbulkan rasa kepuasan dan bangga pada diri sendiri.
  • Yang terakhir, yaitu otonomi, memberikan nilai pada anak bahwa mereka memiliki kontrol pada kehidupan mereka sendiri. Tentunya kita memiliki motivasi kuat dalam melakukan sesuatu yang kita putuskan sendiri dibanding dengan yang diputuskan oleh orang lain.

6 Langkah memupuk anak yang mandiri:

  1. Selalu gunakan bimbingan sebagai basis komunikasi dengan anak. Menyuruh atau memerintah mereka melakukan sesuatu tidak akan pernah memotivasi mereka.
  2. Rencanakan hari esok pada malam sebelumnya. Bersama-sama rancang daftar hal yang harus dilakukan esok hari dan bagaimana mempersiapkannya. Apakah seragam harus dikeluarkan dari lemari, sepatu harus dibersihkan, dan buku harus disusun.
  3. Ajak mereka merancang menu makanan yang ingin mereka makan esok hari dan bimbing mereka bila belum dapat membuatnya sendiri.
  4. Gunakan 10-15 menit saat makan pagi untuk berbicara mengenai apa yang paling mereka nantikan di hari ini. Ini membangun semangat pagi mereka.


Sumber tips di atas dapat dibaca disini

__________________________________________________________________________________________________

Kemandirian adalah kebutuhan dasar anak yang sangat bergantung pada bimbingan orang tua. Adalah tugas orang tualah untuk memenuhinya. Bila tidak terpenuhi maka ada resiko-resiko psikologis, seperti agresif dan ketidakstabilan emosi.

Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.