Bertanggung Jawab Membuat Hidup Kita Lebih Baik

Seberapa seringkah hal ini terjadi? Dimana, saat menjelang jam tidur, anak kemudian dengan panik meminta kita pergi ke toko membeli suatu barang yang harus dia bawa besok ke sekolah.

Seringkali dengan kesal atau marah orang tua terpaksa keluar di malam hari agar anaknya tidak malu keesokan harinya. Tetapi sayangnya ini hanya akan membuat anak semakin tidak bertanggung jawab.

Lalu, apa yang membuat seorang anak menjadi bertanggung jawab?

__________________________________________________________________________________________________

Ketika seorang melakukan apa yang telah dia janjikan, orang melihat dia sebagai orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.  Tanggung jawab ini meningkatkan harga diri dan value seseorang.

Tanggung jawab harus ditanamkan sedini mungkin, saat mereka mampu melakukannya

Tanggung jawab pertama dapat diberikan saat masih balita, jelaskan bahwa mainan mereka adalah tanggung jawab mereka. Saat mereka mengambil makanan dari meja, maka harus dihabiskan, bertanggung jawab pada makanan tersebut.

Jangan pernah takut untuk memberikan tanggung jawab pada anak terutama yang membuat mereka mandiri.

__________________________________________________________________________________________________

Perubahan kecil lebih mudah diterima dibandingkan perubahan besar

Banyak orang tua memutuskan untuk menunggu anak lebih besar sebelum memberikan tanggung jawab.  Padahal, perubahan besar memberikan disrupsi yang lebih besar pada kehidupan anak.

Sehingga, akan jauh lebih mudah bila anak diberikan tanggung jawab kecil sedini mungkin, kemudian menambahkan tanggung jawab sedikit demi sedikit saat fisik anak mampu melakukannya.

__________________________________________________________________________________________________

6 Langkah agar anak mulai belajar bertanggung jawab :

  1. Berikan tugas sedini mungkin sesuai dengan umurnya. Mulai dari mengurus dirinya sendiri, sampai membantu di sekitar rumah.
  2. Gunakan reward dengan hati-hati. Hanya berikan sesekali (dua minggu atau sebulan sekali) bila anak telah secara konsisten bertanggung jawab
  3. Ingatkan sekali saja, kemudian berikan waktu anak untuk mengerjakan, bila tidak, langsung berikan hukuman yang dijanjikan. Dengan ini, anak menganggap serius tanggung jawab mereka.
  4. Bersabar dan selalu berikan arahan bila anak belum dapat mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik.
  5. Dalam hal pekerjaan sekolah, maka biarkan anak mendapatkan konsekuensinya sendiri. Bagian dari rasa tanggung jawab adalah pemahaman tentang konsekuensi bila dia tidak mengerjakan sesuatu.
  6. Buatlah suatu tujuan bersama (contoh: liburan bersama keluarga) bila semua anggota keluarga dapat bersama-sama mengemban tanggung jawab dengan baik. Dan tawarkan tujuan tambahan (contoh: sebuah tas baru) bila anak mengemban tanggung jawabnya dengan baik setahun penuh.
    Sumber tips di atas dapat dibaca disini.

__________________________________________________________________________________________________

Harapan kami adalah orang tua paham bahwa anaknya adalah sebuah benih yang spesial yang dapat mengemban tanggung jawab yang sesuai dengan umurnya.

Kebiasaan bertanggung jawab, bila sejalan dengan pertumbuhan, tidak akan dirasa menjadi beban dan bahkan dapat mengoptimalkan potensi dalam dirinya.

Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.