JOB & EDU FAIR SMK Negeri 6 Jakarta bersama Skoline Solusi Indonesia

SMK Negeri 6 Jakarta menyelenggarakan acara Job & Edu Fair 2017 pada senin, 10 April 2017. Acara ini diselenggarakan khusus untuk siswa kelas XII yang telah menyelesaikan UNBK Pada minggu sebelumnya. Bukan hanya siswa dari SMK Negeri 6 Jakarta melainkan seluruh siswa dari SMK di lingkungan Jakarta selatan yang diundang secara resmi serta siswa dari SMK lain diseluruh DKI Jakarta yang diundang melalui jaringan pesan WA.

Acara ini bekerjasama dengan 7 perusahaan termasuk Skoline serta 8 Universitas yang dihadirkan pada acara tersebut. Bagi siswa yang berniat untuk melanjutkan ke dunia kerja setelah SMA bisa mengajukan lamaran dengan membawa CV kepada 7 perusahaan yang telah diberi tempat untuk melakukan sosialisasi serta proses perekrutan pada hari itu juga. Sedangkan 8 universitas yang diberi tempat di Aula sekolah dimaksudkan untuk memberikan informasi dunia perkualiahan kepada para siswa yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

SMK Negeri 6 Jakarta menjadi pelopor penyelenggara acara Job & Edu Fair ini, sesuai dengan salah satu misi dari pendidikan SMK yaitu menghasilkan lulusan berdaya saing dalam bekerja. Melalui acara ini anak-anak bisa mendapatkan kepercayaan dirinya bahwa mereka benar-benar diterima dan dapat bersaing dalam dunia kerja saat ini.

Lulusan SMK diharapkan mampu bersaing didunia kerja saat ini melalui berbagai keunggulan yang mereka miliki selama belajar di sekolah yang kurikulumnya dibuat untuk menunjang mereka mampu bekerja setelah menamatkan pendidikan kejuruan. Beberapa keunggulan itu diantaranya adalah

  1. Setiap siswa akan diberi bekal tentang ilmu pengetahuan khusus yang disesuaikan dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa.
  2. Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (memiliki jiwa enterpreneurship) atau kewirausahaan. Nantinya, setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi.
  3. Siswa SMK senantiasa dibekali landasan (basic) berupa pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
  4. Siswa akan diajarkan agar sanggup menentukan pilihan bidang ketrampilan dan keahlian yang harus dikembangkan.
  5. Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, karena banyak perusahaan yang menginginkan fresh graduate seperti lulusan SMK.

Skoline tentu menyambut baik kegiatan yang dirancang oleh SMK Negeri 6 ini. selain bisa mendapatkan tenaga kreatif yang terampil dari lulusan SMK, Skoline juga bisa memberikan motivasi kepada siswa SMK bahwa di industri kreatif sangat membuka kesempatan bagi mereka yang memiliki kemampuan yang baik untuk bersaing bakan dengan lulusan universitas sekalipun.

Selain memiliki kemampuan yang baik sesuai bidang jurusan masing-masih satu hal lagi yang perlu di miliki anak-anak untuk siap memasuki dunia kerja adalah mental. Dunia kerja jelas sekali sangat berbeda dengan sekolah. Harus ada pendampingan yang cukup tentang kesiapan memasuki dunia kerja agar anak-anak lulusan SMK mampu bertahan dan menghasilkan karya yang baik. Ketika proses Job fair kemarin terlihat bahwa sebagian besar anak-anak masih malu-malu dan kurang percaya diri bahkan hanya untuk bertanya

Oleh: Reri Saputra – School Relation Officer

Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.