News 10

Korea Selatan, Pendidikan Terbaik Yang Menuai Banyak Kritik

Korea selatan menjadi negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Dunia pada tahun 2016. Penilaian tersebut merupakan kesimpulan dari sejumlah riset yang diulas oleh PBB sejak 2012 hingga sekarang. Korea Selatan menduduki peringkat nomor satu setelah menggeser posisi Finlandia yang selalu akrab ditelinga kita sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik.

Korea Selatan memiliki sistem pendidikan yang jauh berbeda dengan Finlandia. Pendidikan Finlandia menjadi role model bagi banyak negara berkembang dalam menata ulang sistem pendidikan mereka agar bisa mengejar ketertinggalan dari negara maju lainnya. Semua orang setuju bahwa Finlandia telah berhasil menduduki peringkat nomor satu selama ini dengan metode dan pengajaran yang tepat. Berbeda dengan Korea Selatan yang menuai banyak kritik terhadap sistem pendidikan mereka yang dirasa sangat memberatkan siswa.

Korea selatan dikenal memiliki waktu jam belajar yang lama di sekolah. Jika di Indonesia pelajar menyelesaikan sekolah mereka pukul 13.30 WIB, kalau pelajar di Korea baru menyelesaikannya pukul 22.00 WIB. Bahkan sehabis pulang sekolah mereka masih mengikuti bimbingan belajar, jika mereka tidak mengikuti bimbingan belajar itu terlihat aneh. Mengikuti bimbingan belajar disana merupakan hal wajib. Mereka dipaksa untuk belajar di sekolah selama 16 jam setiap hari.

Orangtua dan guru di Korea biasanya mendorong anak-anak mereka untuk menjadi seorang dokter atau insinyur dari kecil. Bagi masyarakat korea posisi atau jabatan tertentu menunjukkan bahwa status mereka lebih baik dalam masyarakat. Jadi jangan heran jika pelajaran yang menunjang bakat seperti olahraga dianggap tidak penting disana. Padahal kita semua menyadari bahwa tidak semua anak cerdas dalam nilai akademik. Ada anak-anak yang berbakat dalam bidang lain selain pelajaran umum disekolah, jika dikembangkan dengan baik tidak mustahil bahwa anak-anak akan sukses sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

Salah satu hal yang mendorong terciptanya sistem pendidikan Korea selatan seperti saat ini adalah dalam budaya Korea, pertimbangan yang paling penting bagi seorang pimpinan bukan kepribadian atau pengalaman kerja, melainkan di Universitas apa orang tersebut belajar. Oleh sebab itu semua anak-anak SMA di Korea akan berusaha mati-matian untuk lulus perguruan tinggi terbaik di Korea dengan peluang yang sangat kecil. Sehingga mau tidak mau mereka harus mengikuti sistem belajar walau dirasa tidak wajar.

Seperti dua sisi mata uang, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda maka ada hal positif yang ditimbulkan dari sistem pendidikan korea selatan yang ketat seperti sekarang. Terbukti bahwa siswa korea selatan selalu mendapatkan peringkat tertinggi dalam berbagai tes internasional serta iklim persaingan akan mendorong setiap orang untuk berjuang menjadi yang terbaik dan berhasil dalam kehidupannya.

Sebagai bangsa yang terus belajar, kita bangsa Indonesia dapat belajar dari negara mana saja yang bisa menjadi contoh untuk membuat pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Mengadopsi berbagai metode dan sistem pendidikan dari belahan dunia mana saja. Mengambil semua hal positif untuk dipadukan menjadi sistem pendidikan Indonesia yang mampu mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang terus berinovasi.

Oleh: Reri Saputra – School Relation Officer

Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.