News 12

Jepang, Kiblat Pendidikan Dunia

Pendidikan Jepang merupakan salah satu kiblat yang dijadikan sistem acuan oleh berbagai negara di dunia. Hal ini karena sistem pendidikan di negara ini di anggap sebagai salah satu sistem pendidikan paling baik di dunia.

Jepang juga merupakan salah satu negara termaju dalam berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, teknologi, ilmu pengetahuan, sosial, politik, dll. Kemajuan-kemajuan ini tentu berkaitan erat dengan kemajuan pendidikan.

Pendidikan wajib di Jepang berlaku bagi anak usia 6 sampai 15 tahun. Pendidikan wajib sampai tingkat SMP dan bersifat cuma-cuma bagi semua anak, khususnya biaya sekolah dan buku. Untuk biaya makan siang, piknik, dan kebutuhan lainnya ditanggung sendiri akan tetapi tetap ada bantuan untuk peserta didik yang kurang mampu.

Pada pendidikan pra sekolah di Jepang menekankan pada pelatihan kebiasaan sehari-hari, murid-murid dilatih tata krama, cara makan, cara membersihkan rumah dan lainnya. Sehingga penanaman kebiasaan ini sudah mengakar dari usia dini di Jepang.

Satu hal yang berbeda dari sekolah tingkat dasar di Jepang adalah pada tingkat kelas 1 dan 2 diberikan pelajaran kebiasaan hidup, yaitu tentang cara bertamu, kedisiplinan, belajar mengantri, dll. Dari sinilah muncul cerminan budaya Jepang yang sangat tertib.

Pendidikan dasar di Jepang tidak mengenal ujian kenaikan kelas, tetapi siswa yang telah menyelesaikan proses belajar di kelas 1 otomatis akan naik ke kelas 2 demikian seterusnya. Ujian akhir juga tidak ada karena SD dan SMP masih termasuk kelompok compulsory education sehingga siswa yang telah menyelesaikan studinya di tingkat SD dapat langsung mendaftar ke SMP. Sedangkan untuk siswa SMP harus mengikuti ujian masuk standart agar diterima di SMA yang diminati.

Fokus pendidikan dasar Jepang menitikberatkan pada moral. Sehingga selain nilai akademis yang baik anak-anak Jepang sudah memiliki karakter yang unggul.

Beberapa program beasiswa dan kunjungan guru-guru Indonesia sudah berlangsung dalam waktu cukup lama ke Jepang. Semoga ini bisa membawa perubahan untuk pendidikan tanah air.

Oleh: Reri Saputra – School Relation Officer

Logo Skoline Baru

Ambil Langkah Pertama Untuk Membimbing
Anak Menjadi Versi Terbaik Dirinya.

Berlangganan weekly newsletter untuk tips, informasi,
dan perkembangan dari dunia pendidikan.